Senin, 10 Juni 2013

BUKU DAN KATALOG SENI RUPA CHINA



 Koleksi buku serta katalog seni rupa China yang ane kumpulin selama perburuan waktu kuliah dulu.
Sampai sekarangpun kalo ane melihat di suatu tempat langsung ane embat...
(tanpa belas kasihan pokokke....)


Sampai hari ini sudah terkumpul sekitar sepuluh buku katalog seni rupa China, sebenarnya ane juga koleksi buku katalog lain sih, tapi bagi ane ini yang paling berharga dan spesial, yaaa ini termasuk salah satu harta ane begitu
(istimewa tenan pokokke...) 
Yuk sekarang ane ajak telusuri dibalik cerita ane mendapatkan buku itu, ada yang sampai berdarah-darah
(ha.. mbok tenin...)


Ini buku yang paling spesial, karena ane mendapatkan secara gratis..tis..tis... Buku yang memuat repro karya Sidik W Martowidjoyo atau nama China nya Ma Yung Qiang (ada yang tau?)
Pak Sidik adalah salah seorang pelukis Indonesia yang mendalami gaya lukis Tiongkok. Memang di dalam negeri tidak banyak dikenal, tapi...(lha ikii...) di China sana, beliau lumayan terkenal dan pernah menyabet juara 1 dalam perlombaan Seni Lukis dan Kaligrafi China se Dunia.


Rumah sekaligus tempat berkarya ada di Yogyakarta tepatnya di komplek Colombo, sangat dekat dengan tempat ane kos. Ane bertamu ke rumahnya udah 3x dan dengan asyik mendengarkan uraian beliau perihal seni lukis Tiongkok. Tak nyana beliau mengasih saya sebuah buku katalog yang memuat karya beliau, ane seneng banget waktu itu, sampai rumah ane koprol 3x karena saking senengnya dapet buku katalog ini. (kalo lihat wujudnya, harganya nyampai ratusan ribu....).
Udah lama ane tidak main ke tempat beliau karena kesibukan beliau yang sering berpameran di China sono, ane hanya bisa berterimakasih atas penjelasan beliau tentang seluk beluk lukisan Tiongkok serta katalog yang diberikan ke ane...Ciip


Nah kalo ini buku yang ane beli dengan uang ane sendiri, dulu belinya di shoping center orang Jogja pasti taulah tempat itu, ane sempat kesel tawar menawar sama penjualnya. Harga awalnya tu 160rb, ane tawar 100rb gak boleh, ane naikin 120rb tetep gak boleh, final ane naikin lagi jadi 150rb, tetep gak boleh. Bajindul ni orang.... Ane pancing lg...155rb, eh ladalah..tetep gak boleh... Karena ane sudah capek, puanas lagi...ya udah ane bayar tu buku. Tapi lumayan juga....karena ternyata dalemnya kumplit banget, berisi sejarah perkembangan seni lukis China dan Jepang sekaligus repro karyanya. Mantepp...
Di kampus sebenarnya punya koleksi ni buku, ada 10 volume kalo ndak salah dari berbagai aliran, tapi sayang gak boleh dipinjem, apalagi dipinjem wong perpustakaannya aja gak pernah buka. Trus mau diapain tu buku2 bagus tapi gak boleh dibaca atau dipinjem. Ane ama temen-temen ane udah teror tu perpus dengan menempeli berbagai kertas protes karena gak pernah buka, tapi gak direspon. Selanjutnya sempat punya ide untuk merampok tu buku-buku bagus yang ditelantarkan. Kesempatannya gak ada sampe ane lulus....
_Sejak zaman kuliah tahun 2002 sampai berita ini diturunkan, perpustakaan itu tidak pernah buka pemirsa_
(sedih aku...)


Buku-buku di atas ane dapetin di Loak Book Shop waktu acara Festival Kesenian Yogyakarta. Karena ane juga peserta Pasar Seni akhirnya ane dapetin dengan diskon yang lumayan, dulu kena berapa ya semua sekitar 400rb, harga aslinya 800an rb. Pokoknya setiap event FKY, yang ane serbu pertama kali yaitu Loak Book Shop untuk booking dulu katalog yang ane ingin beli, banyak buku bagus di sana dari berbagai jenis mulai dari buku kuno, majalah, novel dan tentu saja katalog lukisan beragam jenisnya.....


Terakhir 2 buku di atas.... Gak lengkap rasanya kalo koleksi Buku Seni Lukis China tapi tidak punya buku puisi China nya. Ane juga koleksi tu buku, ada banyak sih kalo yang buku puisi China, kebetulan yang di kos cuma ada 2 di atas, yang lain ada di rumah Magelang.
Ane suka puisi China karena gaya bahasanya tu sangat indah, bait pertama biasanya melukiskan keindahan alam, bait selanjutnya baru isinya. Dan maknanya tu dalem banget jiaannn.....cuk og, 
: “Lukisan adalah syair dengan gambaran, dan syair adalah lukisan dengan perkataan” 
Kedua unsur tersebut akhirnya menyatu, bersinergi menjadi satu kesatuan dalam isi maupun komposisi.



Koleksi Pribadi


2 komentar: